"Yuk Cegah Kanker dengan CERDIK!"

Kanker merupakan penyakit kronis yang dapat muncul karena gaya hidup yang tidak sehat. Walau penyakit ini belum bisa disembuhkan, tapi Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa 43 persen kanker dapat dicegah.



Dalam rangka memperingati Hari Kanker Sedunia yang jatuh pada tanggal 4 Februari 2015 di Gedung Kementerian Kesehatan, Jakarta, Menteri Kesehatan Nila F Moeloek mengingatkan pentingnya gaya hidup sehat untuk mencegah risiko kanker dan penyakit lainya. Ada satu kata yang perlu diingat untuk mencegah kanker dan sejumlah penyakit lainnya, yaitu CERDIK.

Nila menjelaskan, CERDIK merupakan singkatan dari Cek kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin aktivitas fisik, Diet sehat dengan kalori seimbang, Istirahat cukup, dan Kelola stres. Jika CERDIK dilakukan dengan baik, maka dapat mengurangi risiko terkena kanker.
Menurut Nila, beberapa faktor risiko yang menyebabkan kanker diantaranya kebiasaan merokok, menjadi perokok pasif, kebiasaan minum alkohol, obesitas, pola makan tidak sehat, perempuan yang tidak menyusui, dan perempuan yang melahirkan di atas usia 35 tahun.

Diperkirakan setiap tahunnya, 12 juta orang di dunia menderita kanker dan 7,6 juta diantaranya meninggal dunia. Berdasarkan hasil riset kesehatan dasar tahun 2013, prevalensi kanker di Indonesia yaitu 14 per 1000 penduduk. Laporan Global Burden Cancer tahun 2012 pun memperkirakan bahwa kasus kanker di Indonesia sebesar 134 per 100.000 penduduk.

(kompas.com)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

"Kisah 3 Orang Tukang Bangunan"

"Sudah Berusaha Tapi Kok Susah Suksesnya? Mungkin Ini Penyebabnya"

"6 Rasa Sakit yang Lebih Menyakitkan dari Melahirkan!"