"Ini Tandanya Tubuh Anda Kurang Konsumsi Lemak"


Demi tubuh yang ramping, banyak orang yang antipati terhadap lemak. Padahal sebenarnya, beberapa jenis lemak juga dibutuhkan, agar tubuh dapat berfungsi dengan baik. Tingkat aktivitas yang dilakukan sehari-hari, usia, dan kondisi kesehatan Anda menentukan berapa banyak lemak yang harus Anda harus konsumsi.



Berikut ini tanda-tanda tubuh anda kurang konsumsi lemak :

1. Merasa lapar
Bila Anda tetap merasa lapar meski habis makan makanan dengan porsi besar berarti makanan yang Anda konsumsi kurang lemak. Tubuh membutuhkan waktu yang lebih lama untuk memproses lemak dibanding karbohidrat. Ahli diet di Washington DC, Anne Mauney mengatakan, makanan yang mengandung cukup lemak akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

2. Kulit terlihat kering
Jika kulit mulai kering, bersisik, kusam, dan terlihat lebih tua bisa jadi karena kurangnya lemak dari makanan yang Anda konsumsi. Hal ini diungkapkan Lori Welstead, seorang ahli diet di University of Chicago Medicine, Chicago, Illinois. Lemak sehat dapat membantu Anda menyerap vitamin yang larut dalam lemak dari makanan dan membantu mempertahankan kelembaban kulit Anda.

3. Hormon terganggu
Tubuh menggunakan lemak dari makanan untuk mengatur hormon dalam tubuh Anda. Jadi jangan biarkan tubuh tanpa asupan lemak. Bila Anda mengurangi konsumsi lemak yang dibutuhkan dalam tubuh hal ini dapat mengacaukan siklus hormon Anda.

4. Tidak fokus
Satu gram lemak mengandung dua kali lebih banyak kalori daripada satu gram karbohidrat dan protein. Banyak orang menghindari makanan berlemak dan hanya konsumsi karbohidrat dan protein, hal ini yang menyebakan sulit fokus dan berpikir.

5. Mudah cemas dan tertekan
Welstead mengatakan, kekurangan asam lemak esensial seperti omega-3 dan omega-6 dapat membuat Anda merasa depresi. Jika mulai merasa cemas, sebaiknya konsumsi makanan berlemak yang didapat dari ikan seperti salmon, tuna, dan makarel.

6. Merasa tidak tenang ketika berada di tempat ramai
Hal ini dibuktikan dalam studi 2009 yang dilakukan oleh American Psychological Association, peneliti memberi makan tikus dengan makanan yang mengandung asam lemak omega-3. Namun, Omega-3 diberikan dengan kadar yang berbeda. Hasilnya, tikus yang diberi cukup omega-3 tetap tenang meski diperdengarkan suara keras. Sedangkan tikus yang kurang omega-3 merasa lebih panik.

7. Stamina tubuh menurun
Sehabis melakukan latihan fisik lebih dari 20 menit, tubuh terasa lemas padahal Anda merasa sehat sebelumnya. Hal ini bisa jadi karena tubuh Anda kurang lemak. Menurut Medline Plus, saat latihan, tubuh Anda membakar karbohidrat, kemudian membakar kalori dari lemak untuk menjaga stamina tubuh.

8. Mudah lupa
Berdasarkan studi, banyak makan yang mengadung lemak dari minyak zaitun, kacang-kacangan, dan ikan dapat membuat daya ingat seseorang lebih baik, menu ini terdapat pada menu diet Mediterania. Minyak zaitun diketahui bermanfaat untuk memperlancar aliran darah ke otak dan mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam aliran darah. Sementara itu, kandungan asam lemak omega 3 yang terdapat pada ikan dinilai baik untuk kesehatan otak.

(shine.yahoo.com)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

"Kisah 3 Orang Tukang Bangunan"

"Sudah Berusaha Tapi Kok Susah Suksesnya? Mungkin Ini Penyebabnya"

"6 Rasa Sakit yang Lebih Menyakitkan dari Melahirkan!"