"Hati-hati! Sekarang Penyakit Kronis Bisa Menyerang di Usia Muda"


Tidak perlu heran jika Anda banyak menemui orang-orang terdekat atau teman disekitar Anda terkena penyakit kronis seperti stroke, osteoporosis, bahkan pikun meski usianya masih muda.



Sekarang ini, akibat perubahan gaya hidup modern yang cenderung semakin tidak sehat, penyakit-penyakit kronis yang biasanya identik menyerang kaum lansia, saat ini bisa juga menyerang sejak usia sangat muda yang masih produktif.
Berikut ini beberapa jenis penyakit kronis yang bisa menyerang usia muda :

1. Osteoporosis
Osteoporosis atau pengeroposan tulang sebenarnya bisa dicegah dengan memperbanyak asupan kalsium dan vitamin D, serta menghindari rokok. Olahraga teratur juga penting, karena otot yang kuat akan membantu rangka tubuh dalam menopang berat badan.

2. Stroke
Stroke merupakan penyakit kronis yang banyak menyerang di usia muda. Merokok secara aktif termasuk faktor risiko pada serangan stroke di usia muda. Untuk mencegahnya, hindari rokok dan makan berlemak maupun bergaram, serta perbanyak konsumsi ikan yang banyak mengandung asam lemak omega 3. Asam lemak ini baik untuk jantung dan pembuluh darah.

3. Kanker payudara
Lakukan olahraga teratur, menjaga berat badan tetap ideal, membatasi minuman beralkohol agar tidak berlebihan dan tidak merokok bisa menurunkan risiko kanker payudara. Karena penyebab pastinya tidak diketahui, maka deteksi dini paling penting dilakukan dengan sering-sering meraba adanya benjolan.

4. Penyakit Alzheimer atau pikun
Alzheimer merupakan salah satu jenis kepikunan yang susah dilawan karena merupakan efek dari proses penuaan. Namun saat ini, penyakit kronis ini sudah banyak menyerang di usi muda. Meskipun begitu beberapa hal bisa dilakukan untuk memperlambat kemunculannya, misalnya dengan rajin mengisi teka-teki silang, belajar bahasa asing dan juga bermain musik.

5. Asam urat 
Kegemukan atau obesitas dan konsumsi alkohol merupakan faktor risiko utama serangan asam urat di usia muda, sehingga berat badan perlu dikontrol jika tidak ingin mengalaminya. Namun perlu diingat, diet ekstrem yang berdampak pada penurunan berat badan secara singkat dan dramatis juga bisa meningkatkan risiko pengkristalan asam urat.

6. Diabetes tipe-2
Berbeda dari diabetes tipe 1 yang merupakan kondisi bawaan sejak lahir, diabetes tipe 2 jauh lebih memungkinkan untuk dicegah. Kuncinya hanya 2, yakni pola makan seimbang dan rendah kalori serta aktivitas fisik yang juga seimbang dengan asupan kalorinya.

Sebelum terlambat dan penyakit kronis menyerang di usia muda, sebaiknya Anda mulai melakukan gaya hidup sehat, berhenti merokok, lakukan olahraga, konsumsi makanan sehat, dan lakukan medical chek up secara rutin.

(health.detik.com)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

"Virginia Madsen"

"Great Teacher Onizuka 2012"

"Tanya-Jawab Mengenai Radang Usus Buntu (Apendisitis)"