"Saat Ortu Pergi Jauh, Lakukan Ini Biar Anak Tak Sakit karena Kangen"


Orang tua mana yang tak ingin selalu bersama dengan anak-anaknya? Sayang, tuntutan kerja terkadang mengharuskan untuk berbulan-bulan jauh dari keluarga.

Ini terjadi pada orang tua dengan profesi tertentu, misalnya tentara atau pelaut. Saat harus bertugas di tempat yang jauh dari rumah, rasa kangen pasti ada. Tidak hanya orang tua yang sedang bepergian, anak yang ditinggalkan juga akan didera perasaan rindu.



Tak jarang, kangen yang dirasakan anak membuat daya tahan tubuhnya drop. Si kecil jadi tidak doyan makan, lalu mudah tertular infeksi dan akhirnya jatuh sakit. Ditambah dengan stres, sakitnya lalu tidak sembuh-sembuh.

Agar tidak sampai separah itu dampaknya, psikolog Ratih Zulhaqqi, M.Psi punya saran bagi para orang tua. Secara bertahap, si anak harus diberi pengertian tentang pekerjaan orang tua yang mengharuskan untuk sering bepergian.

"Apa saja yang dilakukan ayahnya saat bekerja? Pokoknya beri info pekerjaan ayahnya tuh apa, dikenalkan, supaya anaknya nggak kaget," saran Ratih.

Jika memungkinkan, ajak anak untuk mengunjungi orang tua yang sedang bertugas jauh dari rumah. Selain menebus rasa kangen, cara ini juga bagus untuk mengenalkan si anak secara langsung dengan pekerjaan orang tua.

"Ada kok klien saya bapaknya TNI AL. Terus pas lagi dinas di mana gitu, singgah di mana, akhirnya diparanin (didatangi) sama keluarganya. Jadinya anaknya kan nggak kangen-kangen banget," tutur Ratih.

Source : http://health.detik.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

"Kisah 3 Orang Tukang Bangunan"

"Sudah Berusaha Tapi Kok Susah Suksesnya? Mungkin Ini Penyebabnya"

"6 Rasa Sakit yang Lebih Menyakitkan dari Melahirkan!"