"Batasan Waktu pada KB Suntik"

Seberapa cepat Anda dapat mulai melakukan hubungan seks setelah KB suntik (kontrasepsi injeksi) tergantung pada waktu pemberiannya. Biasanya suntikan diberikan dalam 5 hari pertama siklus menstruasi Anda. Dalam hal ini, kontrasepsi menjadi efektif dengan segera. Namun, jika diberikan setelahnya, Anda perlu menunggu 7 hari sebelum bisa melakukan hubungan seks tanpa kondom.

Ada dua jenis suntikan berbeda yang memiliki pembatasan waktu berbeda. Suntikan yang paling umum adalah Depo-Provera. Suntikan ini melindungi Anda terhadap kehamilan sekitar 12 minggu. Setelah itu akan perlu diulang. Injeksi lain adalah Noristerat yang menyediakan perlindungan sampai 8 minggu.
Beberapa penelitian menyarankan untuk tidak menggunakan kontrasepsi injeksi dalam jangka panjang (lebih dari 2 tahun), karena akan menyebabkan masalah. Hal ini tidak selalu terjadi. Anda tidak selalu mengalami efek samping negatif dengan terus menggunakan suntikan sebagai kontrasepsi jangka panjang.
Satu-satunya masalah yang timbul dengan pemakaian KB suntik selama lebih dari 2 tahun adalah jika Anda memiliki risiko osteoporosis. Depo-Provera dapat menyebabkan tulang-tulang Anda kehilangan kalsium. Semakin lama pemakaian, semakin banyak kalsium yang hilang. Kalsium tidak kembali setelah Anda menghentikan pemakaiannya. Jika Anda khawatir mengenai hal ini, Anda dapat berbicara dengan dokter Anda. Mereka dapat memberitahu apakah kontrasepsi suntik adalah pilihan yang tepat untuk Anda.

Source : http://majalahkesehatan.com/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

"Virginia Madsen"

"Great Teacher Onizuka 2012"

"Tanya-Jawab Mengenai Radang Usus Buntu (Apendisitis)"