"Tips Mencegah Sindrom Kematian Mendadak pada Bayi"


Meskipun penyebabnya tidak diketahui dengan pasti, para peneliti telah menemukan beberapa faktor yang dapat menimbulkan bayi risiko terkena sindrom kematian mendadak pada bayi atau sudden infant death syndrome (SIDS). Para peneliti juga telah mengidentifikasi beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk membantu melindungi anak Anda dari SIDS.



Tidak ada cara dijamin untuk mencegah SIDS, tetapi Anda dapat membantu bayi Anda tidur lebih aman dengan mengikuti tips mencegah sindrom kematian mendadak pada bayi berikut ini :
Kembalikan posisi tidur yang benar. Tempatkan bayi Anda untuk tidur dengan posisi terlentang, bukan tengkurap dan menyampingi. Hal ini tidak diperlukan bila bayi Anda terjaga atau bisa berguling dua arah tanpa bantuan.
Jangan percayakan pada orang lain saat akan menempatkan bayi Anda untuk tidur dalam posisi yang benar. Jika bayi Anda diasuh oleh baby sitter berikan pengertian mengenai cara tidur yang benar dan jangan menenangkan bayi dalam kondisi tengkurap.
Gunakan tempat tidur khusus bayi dan hindari menempatkan bayi di kasur yang terlalu empuk, tebal, lapisan yang terlalu halus seperti kulit domba atau selimut tebal. Jangan meninggalkan bantal, mainan berbulu atau boneka binatang yang dapat mengganggu pernapasan jika wajah bayi Anda tertutup benda-benda tersebut.
Jaga bayi Anda agar tetap hangat dengan pakaian tidur yang tidak memerlukan tambahan selimut. Jika Anda menggunakan selimut, gunakanlah yang ringan dan tidak berbulu. Jangan sampai selimut menutupi kepala bayi Anda.
Usahakan bayi tidur sendirian. Tidur dengan bayi Anda di ruangan yang sama dengan Anda merupakan hal yang bagus, tetapi tempat tidur orang dewasa tidak aman untuk bayi. Seorang bayi bisa terjebak dan tercekik antara kasur dan bingkai tempat tidur, atau diantara kasur dan dinding. Selain itu bayi juga bisa mati lemas jika orang tua tidur terguling dan menindih menutup hidung dan mulut bayi.
Menyusui bayi Anda, jika memungkinkan. Menyusui selama setidaknya enam bulan menurunkan risiko SIDS.
Memberikan dot bayi. Mengisap dot pada tidur siang dan waktu tidur dapat mengurangi risiko SIDS. Jika Anda menyusui, lebih baik berikan dot ke bayi saat berusia 3 sampai 4 minggu.
Kerjasama yang baik seluruh anggota keluarga dalam merawat bayi juga dibutuhkan agar bayi Anda terhindar dari sindrom kematian mendadak pada bayi atau sudden infant death syndrome (SIDS).

Source : http://www.jendelacito.info/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

"Kisah 3 Orang Tukang Bangunan"

"Sudah Berusaha Tapi Kok Susah Suksesnya? Mungkin Ini Penyebabnya"

"6 Rasa Sakit yang Lebih Menyakitkan dari Melahirkan!"