"8 Manfaat Kesehatan yang Bisa Anda Dapatkan dengan Sauna"


Untuk sehat, banyak cara yang bisa dilakukan manusia untuk mengusahakannya, salah satunya dengan mandi sauna. Di kalangan masyarakat perkotaan, mandi sauna seolah telah menjadi keharusan dan bagian dari gaya hidup.



Menggunakan sauna juga salah satu cara yang dipilih untuk bisa membuat tubuh berkeringat. Tak hanya itu saja, manfaat sauna diketahui bila membuat tubuh kembali remaja, menyembuhkan otot yang tegang, meredam stres, dan menenangkan pikiran.

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dengan sauna atau mandi uap.

1. Membakar kalori
Sauna akan membantu Anda membakar kalori. Saat tubuh berkeringat, ada energi yang dihasilkan dan lemak yang dibakar untuk memproduksinya. Orang yang kelebihan berat badan bisa memanfaatkan sauna ini untuk membantu menurunkan berat badan mereka.

2. Mengatasi ketegangan otot
Saat otot tubuh terkena panas yang tinggi akan memicu produksi hormon endorfin dalam tubuh. Endorfin membantu tubuh merasa santai dan meredakan stres. Manfaat sauna juga diketahui bisa meredakan nyeri dan sakit akibat otot kaku dan arthritis. Pembuluh darah akan melebar sehingga melancarkan sirkulasi darah. Aliran darah yang lancar akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan kemampuan tubuh untuk menyembuhkan diri sendiri.

3. Mengeluarkan racun
Proses mandi sauna akan menyebabkan tubuh banyak mengeluarkan keringat yang berfungsi dalam memberikan efek pembersihan secara menyeluruh pada kulit dan juga kelenjar keringat. Keadaan berkeringat yang berlebihan ini akan meningkatkan kapasitas detoksifikasi kulit dengan membuka pori-pori dan mengeluarkan racun dari badan. Kotoran tubuh yang tersimpan dalam jaringan lemak kemudian akan mencair di bawah suhu yang tinggi sehingga racun tersebut akan dibuang melalui keringat atau saluran usus.

4. Meningkatkan kualitas tidur
Berdasarkan penelitian, sauna bermanfaat meningkatkan kualitas tidur Anda. Rileksasi yang didapatkan melalui sauna akan meningkatkan kualitas tidur. Hal ini karena sauna memicu produksi endorfin yang dalam keadaan normal akan menurun di malam hari.

5. Meningkatkan fungsi kardiovaskular
Sauna akan meningkatkan suhu tubuh dan membuat pembuluh darah melebar. Ini membuat sirkulasi darah lebih lancar dan darah bisa mengalir lebih cepat. Dengan begitu, jantung akan berdetak lebih cepat dan membantu otot jantung bekerja lebih efektif. Melakukan sauna atau mandi uap secara teratur bermanfaat untuk meningkatkan fungsi kardiovaskular.

6. Meredakan stres
Berdasarkan penelitian, stres adalah hal yang menyebabkan berbagai macam penyakit pada tubuh. Salah satu penyakit berbahaya yang disebabkan oleh stres adalah penyakit jantung. Manfaat kesehatan yang paling besar dari mandi uap adalah menurunkan stres. Sauna bisa meredakan stres dengan meredakan otot yang tegang, melancarkan sirkulasi darah pada tubuh, memicu produksi hormon bahagia atau endorfin, dan lainnya.

7. Mencegah penyakit
Sebuah penelitian yang dilakukan di Jerman mengungkap bahwa melakukan sauna secara teratur bisa mencegah penyakit seperti demam dan influenza. Ketika melakukan mandi uap dan sauna tubuh akan dipicu untuk memproduksi lebih banyak sel darah putih yang memperkuat sistem kekebalan tubuh.

8. Menurunkan berat badan
Anda yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas dan sedang ingin menjalankan program penurunan berat badan bisa mencoba melakukan mandi sauna untuk mewujudkan keinginan tersebut. Banyak orang yang telah merasakan manfaat mandi sauna untuk menurunkan berat badan. Mandi sauna memiliki kinerja positif pada sistem metabolisme tubuh dengan meningkatkan kecepatan dan intensitasnya sehingga pada akhirnya akan mengakibatkan penurunan berat badan.

Mandi sauna memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh, namun tapi ada juga risikonya kalau tidak dilakukan secara hati-hati, terutama saat kehamilan. Semoga bermanfaat

Source : http://www.jendelacito.info

Komentar

Postingan populer dari blog ini

"Kisah 3 Orang Tukang Bangunan"

"Sudah Berusaha Tapi Kok Susah Suksesnya? Mungkin Ini Penyebabnya"

"6 Rasa Sakit yang Lebih Menyakitkan dari Melahirkan!"