"Sahur On-Time Tanpa Ngantuk, Ini Trik Praktisnya"


Biasanya di awal-awal bulan puasa perjuangan yang paling berat adalah bangun sahur. Bangun lebih awal dari biasanya untuk makan sahur bagi sebagian besar orang bukanlah hal mudah. Apalagi jika kita punya kebiasaan begadang, wah bangun pagi jelas suatu usaha yang bisa menguras emosi.

Tapi selalu ada trik yang bisa dicoba untuk bisa sahur on-time tanpa ngantuk. Untuk percobaan pertama mungkin memang susah, tapi kalau sudah berhasil melakukannya di hari pertama bakal lebih mudah untuk melanjutkan kebiasaan ini untuk hari-hari berikutnya.



Niat dari Awal
Ini nih modal yang paling utama. Perlu niat yang kuat. Kalau perlu catat dan tentukan ingin bangun sahur jam berapa. Sebelum tidur malam, jangan lupa berdoa dan kencangkan niat supaya nggak kesiangan buat sahur keesokan harinya.

Taruh Alarm Jauh-Jauh
Pasang alarm dan letakkan jauh dari jangkauanmu. Tujuannya tak lain adalah ketika alarm berbunyi, kamu bisa langsung bangun dan dipaksa untuk langsung melek karena harus menjangkaunya cukup jauh. Tapi taruhnya juga di tempat yang aman, ya. Satu lagi yang penting adalah langsung bangun saat alarm berbunyi, jangan malah menekan tombol sneeze atau menunda-nunda untuk bangun "lima menit lagi".

Minta Bantuan Orang Rumah
Kalau alarm tak mempan, bisa coba minta bantuan orang rumah untuk membangunkanmu. Biasanya saat dibangunkan langsung oleh orang rumah, tak ada alasan lagi bagi kita untuk menunda-nunda bangun tidur.

Jangan Makan Makanan Berat Sebelum Tidur Malam
Sebelum tidur malam, setidaknya dua jam sebelumnya jangan makan makanan berat. Nantinya akan membuat kerja pencernaan dan fungsi tubuh jadi lebih berat. Akibatnya bikin kita susah bangun untuk sahur.

Basuh Muka dengan Air Dingin Saat Bangun
Masih juga susah melek di pagi hari? Saat bangun tidur, langsung basuh muka dengan air dingin. Rasa kantuk bisa hilang dengan sensasi air dingin yang kamu basuhkan ke wajah.

Tidur Lebih Awal dari Jadwal Biasanya
Majukan jadwal tidur malammu. Apalagi buat kamu yang doyan begadang, sebisa mungkin kurangi kebiasaan begadangmu ini. Tubuhmu juga punya hak untuk istirahat. Jadi cukupi kebutuhan istirahat tubuhmu dengan baik agar lebih fit bangun keesokan harinya untuk sahur.


Sahur on-time tanpa merasa ngantuk memang butuh usaha lebih. Tapi kalau bisa mengatur pola hidup dan memperbaiki kebiasaan, pasti bisa deh.

Semoga info ini bermanfaat, Ladies!

Source : http://www.vemale.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

"Virginia Madsen"

"Great Teacher Onizuka 2012"

"Tanya-Jawab Mengenai Radang Usus Buntu (Apendisitis)"