"Ini Tandanya Anda Kurang Piknik!"

Stres terjadi pada setiap orang. Selain membuat Anda jengkel, efek buruknya bisa mengganggu sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan tekanan darah. Pekerjaan yang melelahkan dan kerap memicu stres tidak baik bagi kesehatan tubuh Anda. Selain itu produktivitas seseorang sangat dipengaruhi oleh kondisi pikiran. Pikiran yang fresh cenderung membuat seseorang menjadi lebih produktif.




Salah satu cara untuk membuat pikiran menjadi fresh adalah dengan piknik. Kerja dan piknik haruslah berimbang, berikut ini 10 tanda Anda kurang piknik :

1. Semua masalah kecil dibesar-besarkan
Tidak ada yang senang berhadapan dengan kesalahan orang lain. Sebagai orang dewasa yang profesional, kita seharusnya bisa bersikap positif dan menyelesaikan masalah dengan mudah, bahkan ketika kita sedang tidak berbahagia. Namun ketika semua masalah dihadapi dengan kekesalan, tandanya Anda sudah mencapai puncak stres, dan Anda perlu untuk berlibur.

2. Rekan Anda terus menanyakan apakah Anda baik-baik saja
Jika rekan kerja terus mendekati dan menanyakan apakah Anda baik-baik saja atau ada yang salah, itu tandanya stres Anda sudah mempengaruhi kinerja Anda dan mengganggu orang lain. Tanda lainnya adalah Anda mudah marah dan lebih berjarak dari biasanya. Jika seperti itu, Anda butuh piknik, tidak usah lama-lama, sehari atau dua hari saja cukup.
Anda juga bisa melakukan istirahat singkat. Bisa dengan berjalan-jalan keliling kantor selama dua menit atau berhenti untuk minum kopi sejenak.

3. Anda sering membuat kesalahan
Jika Anda sedang mengerjakan sebuah proyek dan merasa kesulitan, selesaikan proyek itu lalu rencanakan waktu piknik. Anda tidak perlu bilang pada rekan-rekan kantor, tapi cukup katakan pada atasan atau klien Anda bahwa Anda sudah memperbaiki kesalahan dan sedang berupaya agar hal tersebut tidak terjadi lagi. Stres kronis sering dianggap sebagai penyebab kesalahan dalam pekerjaan dan itu tanda Anda perlu berhenti dan segera pergi berlibur.

4. Anda merasa sinis
Semua hal membosankan, tidak ada yang menyenangkan, dan Anda tidak bisa merasa positif terhadap pekerjaan atau tempat Anda bekerja. Saat pikiran sinis mulai membayangi, itu tandanya akan meledak. Coba segera tangkal dengan memperbanyak pengalaman positif.
Jika baru saja melakukan pembicaraan yang tidak menyenangkan dengan seseorang di kantor, segera telepon rekan kerja lain yang menyenangkan dan minta mengobrol selama beberapa menit. Anda perlu menyeimbangkan hal-hal buruk dengan lebih banyak hal-hal baik.

5. Anda mulai 'meminjam' peralatan kantor
Berdebat dengan rekan kerja, mengambil waktu ekstra saat makan siang atau istirahat dan ketika mulai mengambil banyak peralatan di kantor, bisa jadi itu tandanya Anda sedang stres berat. Peneliti menyebutnya dengan counterproductive work behaviors (CWB).

Sebuah studi pada 2015 menemukan bahwa perilaku CWB akan muncul beberapa minggu atau beberapa bulan pada diri pekerja yang stres. Ketidakpastian di tempat kerja dapat memicu stress berat, menyebabkan orang menjadi fokus pada dirinya saja, melindungi diri sendiri, dan sering menyusahkan orang lain.

6. Anda sering merasa nyeri
Stres kerja, terutama beban kerja yang berat, lingkungan kerja yang negatif, dan adanya hambatan dalam penyelesaian pekerjaan Anda, dapat menimbulkan nyeri pada tubuh. Saat Anda sering mengeluh sakit punggung, sakit kepala, mata lelah, sering sakit dan nyeri lainnya itu merupakan tanda Anda kurang piknik. Segeralah mengambil cuti dan berlibur.

7. Anda sering sakit perut
Sakit perut dan masalah pencernaan lainnya bisa juga merupakan akibat stres kerja yang berkepanjangan. Stres bahkan bisa menyebabkan perubahan bakteri dalam usus Anda yang dapat membuat Anda rentan terhadap masalah perut.

8. Anda mengalami kesulitan tidur
Stres kerja yang berlebihan dan kelelahan dapat meningkatkan kemungkinan masalah tidur, seperti susah tidur, tidur tidak nyenyak dan susah bangun. Orang yang terlalu banyak bekerja memiliki lebih banyak kesulitan untuk tidur di malam hari dan biasanya sering merasa mengantuk saat siang hari.

9. Anda mengakhiri hari dengan segelas wine
Mereka yang mengalami stres kronis dan kelelahan mungkin lebih rentan terhadap alkohol. Mengonsumsi alkohol banyak dipilih sebagai salah satu cara untuk menghilangkan stres di tempat kerja. Selain itu ngemil atau makan dengan porsi yang berlebihan juga dipilih untuk mengurangi stres.

10. Anda kehilangan rasa tujuan kerja
Sebuah tanda yang lebih serius dari kurang piknik yaitu Anda kehilangan perspektif mengapa Anda bekerja. Anda tidak dapat melihat manfaat apapun, padahal pekerjaan Anda bermanfaat bagi Anda sendiri, keluarga bahkan negara Anda.

Jika Anda mulai dihinggapi seperti 10 tanda kurang piknik seperti yang diatas, atur jadwal Anda untuk mengambil cuti dan segeralah berlibur. Selamat piknik! (articles.mercola.com)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

"Kisah 3 Orang Tukang Bangunan"

"Sudah Berusaha Tapi Kok Susah Suksesnya? Mungkin Ini Penyebabnya"

"6 Rasa Sakit yang Lebih Menyakitkan dari Melahirkan!"