"Bekerja di Atas Treadmill Bisa Mencegah Nyeri Leher dan Punggung"


Nyeri di leher dan punggung seringkali dikeluhkan oleh para pekerja kantor. Diperkirakan bahkan 1 dari 10 pekerja kantor mengalaminya. Penyebabnya ternyata banyak yang disebabkan oleh postur tubuh yang tidak baik. Penyebabnya adalah sama dengan pada para atlet, yaitu penggunaan otot tubuh tertentu secara terus-menerus sehingga pasokan darah menjadi kekurangan. Para peneliti yang dipimpin oleh Julie Côté dari McGill University di Montreal Kanada mencoba mengatasinya dengan cara yang tidak biasa — mereka meminta para pekerja kantor itu untuk bekerja sambil berjalan di atas treadmill.



Dua puluh lima peserta menjalani tes itu selama 90 menit, sebagian bekerja dengan duduk di kursi dan sebagian lainnya sambil berjalan di treadmill. Para peneliti mengukur kegiatan otot-otot leher, pundak, lengan dan pergelangan tangan. Hasilnya, mereka yang bekerja sambil berjalan di treadmill memiliki gerakan otot-otot yang lebih variatif dan kurang tegang.

“Tubuh kita dirancang bergerak”, kata Côté. Treadmill dapat menjadi solusi untuk mengurangi keluhan nyeri leher dan punggung karena ketegangan terus-menerus otot-otot selama bekerja di kantor. Selain dengan treadmill, dia juga menyarankan pekerja kantor untuk menyelingi bekerja dengan beberapa gerakan dan perubahan postur setiap beberapa menit.

Para dokter biasanya juga menyarankan pencegahan nyeri punggung dengan latihan fisik yang ramah punggung. Jenis latihan itu memperkuat otot-otot dalam di tubuh bagian atas (torso). Otot-otot punggung dan perut yang kuat akan menopang tulang punggung secara lebih baik dalam menjalankan fungsinya. Dokter spesialis olahraga atau fisioterapis berpengalaman dapat memberikan advis yang spesifik untuk Anda.

——————————————-
Sumber:European Journal of Applied Physiology, 5 April 2015.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

"Kisah 3 Orang Tukang Bangunan"

"Sudah Berusaha Tapi Kok Susah Suksesnya? Mungkin Ini Penyebabnya"

"6 Rasa Sakit yang Lebih Menyakitkan dari Melahirkan!"