"Semangka Tidak Hanya Berisi Air"


Semangka adalah buah favorit untuk pencuci mulut karena rasanya yang manis menyegarkan. Semangka mengandung air hingga 92 persen. Karena tampaknya hanya berisi air, Anda mungkin menyangka bahwa semangka tidak punya banyak kandungan yang menyehatkan. Anda salah! Semangka adalah salah satu buah yang kaya nutrisi dan manfaat. Berikut adalah kandungan semangka yang perlu kita ketahui:



Vitamin A dan C. Dalam sepotong semangka 100 gram terdapat vitamin C yang memenuhi 21 persen jumlah harian yang direkomendasikan dan 17 persen kebutuhan harian vitamin A. Vitamin C sangat penting untuk perlindungan terhadap gangguan sistem kekebalan tubuh, penyakit jantung, penyakit mata, dan pengeriputan kulit. Sedangkan Vitamin A diperlukan untuk menjaga kesehatan mata, selaput lendir dan kulit. Konsumsi buah-buahan yang kaya vitamin A diketahui melindungi dari kanker paru-paru dan rongga mulut.
Likopen.  Selain vitamin, semangka kaya akan antioksidan likopen (lycopene), pigmen yang membuat warna buahnya merah. Bersama dengan tomat, semangka kini semakin diunggulkan sebagai buah sumber likopen. Likopen adalah pembasmi radikal bebas yang sangat efisien dan dalam banyak studi epidemiologi diketahui memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung dan beberapa jenis kanker, terutama prostat. Semangka merah tanpa biji bisa mengandung likopen 36-78 mikrogram per gramnya, sedangkan semangka oranye atau kuning memiliki kurang dari 5 mikrogram / gram. Kandungan likopen berkurang hingga 20% pada semangka yang belum matang atau terlalu matang.
Asam Amino. Semangka kaya akan asam amino yang disebut citrulline, yang diubah oleh tubuh menjadi L-arginine. Buah semangka mengandung sampai sekitar 3,6 miligram citrulline per gramnya. L-arginine adalah asam amino esensial yang membantu merelaksasi dan meningkatkan sirkulasi pembuluh darah. Karena kandungan citrulline ini, mengkonsumsi semangka secara teratur dapat menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi, mengurangi risiko preeklamsia pada wanita hamil, dan bahkan meningkatkan daya ereksi pada pria yang memiliki masalah.
Mineral. Selain daging buah, biji semangka juga memiliki manfaat. Biji semangka (yang juga bisa dikeringkan untuk menjadi cemilan yang bernama kuaci) mengandung zat besi dan zinc. Keunggulan biji semangka sebagai sumber kedua jenis mineral tersebut adalah kemudahannya untuk diserap tubuh karena memiliki bioavailabiltas tinggi (85-90%).

Tips Memilih Semangka
Semangka hadir dengan warna daging buah berbeda-beda, yaitu merah, kuning, atau putih. Pilihlah yang berwarna merah karena lebih banyak mengandung likopen.
Jika Anda membeli semangka yang sudah dibelah atau diiris-iris, pilihlah daging yang warnanya paling gelap dan tidak memiliki galur-galur putih.
Jika Anda membeli semangka utuh, pilih yang telah matang penuh. Anda bisa memeriksanya dengan cara sebagai berikut:
Rasakan beratnya. Semangka yang matang lebih berat dibandingkan semangka muda karena kandungan air di dalam semangka biasanya meningkat seiring dengan pematangan.
Lihat bentuknya. Pilih semangka dengan kulit yang relatif halus. Periksa bagian atas dan bagian bawah semangka. Bagian bawah adalah tempat di mana semangka duduk di tanah. Jika warna bagian bawahnya putih atau hijau, semangka mungkin belum matang. Semangka yang matang biasanya bagian bawahnya telah berubah warna menjadi agak kekuningan, sedangkan bagian atasnya berwarna hijau lebih gelap.
Tepuk-tepuk. Semangka yang matang akan bersuara lebih “ngebas” bila ditepuk-tepuk.
Intip isinya. Akan lebih pasti lagi bila Anda bisa meminta pedagang untuk mencungkil sebagian kulit semangka untuk melihat isinya.
Semangka sebaiknya disimpan di kulkas pada suhu 10-16° C agar lebih awet.  Suhu di atas 16° C dan di bawah 10° C tidak dianjurkan untuk penyimpanan semangka potong. Jangan mencampur semangka potong dengan buah-buah lain yang memproduksi etilena tinggi seperti markisa, apel, persik, pir, dan pepaya. Semangka adalah buah yang sensitif terhadap etilena sehingga pencampuran seperti itu akan membuatnya cepat membusuk. Simpanlah semangka potong Anda di dalam kantung atau wadah yang tertutup.

Source : http://majalahkesehatan.com/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

"Kisah 3 Orang Tukang Bangunan"

"Sudah Berusaha Tapi Kok Susah Suksesnya? Mungkin Ini Penyebabnya"

"6 Rasa Sakit yang Lebih Menyakitkan dari Melahirkan!"