"Air Kencing Bau, Apa Penyebabnya?"


urin bisa berubah warna dan baunya jika terjadi sesuatu pada tubuh. Karena memang fungsi ginjal adalah penyaring darah. Sehingga semua zat dalam darah harus melewati ginjal untuk disaring dan dibuang melalui urin.



Warna dan bau urin berubah jika ada kelainan metabolisme tubuh dan ada makanan atau zat tertentu yang dimakan, bisa jadi dalam jumlah banyak sehingga lolos dari ginjal dan ditemukan didarah atau tidak bisa disaring oleh ginjal misalnya zat-zat pada obat-obatan tertentu. Bisa juga memang ada kerusakan pada ginjal yang tidak bisa menyaring dengan baik sehingga sebagian besar zat yang seharusnya disaring dan dipertahankan di darah “bocor” dan dideteksi di urin.

Misalnya:

-Urin yang baunya manis seperti sirup maple merupakan indikasi penyakit “maple syrup urine”, sebabnya adlaah tubuh tidak mampu mencerna asam amino tertentu. Ini sering terjadi pada bayi.

-Urin berbau manis bisa jadi karena diabetes, karena kadar gula darah tinggi dan bisa tembus saringan ginjal dan ada di urin. Bahkan rasa urin bisa menjadi manis

-urin dengan bau busuk bisa jadi karena infeksi dan peradangan di saluran ginjal.

Source : http://kesehatanmuslim.com/


Komentar

Postingan populer dari blog ini

"Kisah 3 Orang Tukang Bangunan"

"Sudah Berusaha Tapi Kok Susah Suksesnya? Mungkin Ini Penyebabnya"

"6 Rasa Sakit yang Lebih Menyakitkan dari Melahirkan!"