"Lada Hitam Pulihkan Kesehatan Rambut"

Oleh:  Yesika Hartanto

Lada hitam (Piper Nigrum) umumnya dikenal sebagai rempah atau bumbu yang biasa digunakan pada masakan untuk menghasilkan rasa pedas yang khas. Di balik rasa pedasnya, sebenarnya lada hitam memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan tubuh. Saat ini, lada hitam tidak hanya berkhasiat bagi kesehatan dan keindahan kulit saja, tetapi juga untuk perawatan rambut (hair mask) agar rambut lebih menawan, tebal, dan kuat.



Lada putih dan lada hitam sebenarnya berasal dari pohon atau tanaman yang sama, namun perbedaannya terletak pada cara pengolahannya sehingga menghasilkan warna, tekstur, dan rasa yang berbeda. Lada hitam berasal dari buah lada yang hampir busuk dan mengering, di mana paparan sinar matahari terus-menerus membuat kulitnya berwarna kehitaman, sedangkan lada putih dipanen saat matang. Lada hitam yang telah dipanen kemudian direndam dalam air garam agar kulitnya terkelupas sehingga hanya meninggalkan bagian dalamnya saja. Perbedaan lainnya terletak pada rasa, lada hitam lebih kaya rasa dibandingkan lada putih.

Memiliki rambut yang tebal, kuat, dan sehat merupakan impian setiap orang, karena rambut yang sehat dapat menjadikan seseorang terlihat semakin menawan. Selain lidah buaya, seledri, kemiri, ternyata lada hitam juga dapat membuat rambut lebih tebal dan kuat dengan kandungan alami nutrisi di dalamnya, seperti protein, karbohidrat, serat, lemak, vitamin dan mineral yang berupa zat besi, kalium, magnesium, dan natrium.

Tips memanfaatkan lada hitam pada rambut

Membuat rambut kuat dan tebal.  Buatlah hair mask sendiri dengan mengkombinasikan lada hitam dan biji lemon. Campur satu sendok teh lada hitam bubuk, satu sendok teh biji lemon yang telah dihaluskan serta beberapa tetes olive oil hingga mengental. Pakaikan hair mask lada hitam tersebut ke kulit kepala Anda hingga merata, diamkan kurang lebih 20 menit, lalu cuci rambut dengan air hangat dan bersihkan dengan shampo. Pemakaian secara teratur akan membantu pertumbuhan rambut lebih cepat, sehat, dan alami.

Mengatasi ketombe. Di balik bentuknya yang kecil, lada hitam mengandung anti bakteri dan anti inflamasi yang dapat mengatasi permasalahan ketombe pada rambut dengan membunuh bakteri penyebab infeksi pada kulit kepala. Ketombe diketahui dapat mengganggu penampilan dan menimbulkan rasa gatal pada rambut. Cara mengatasinya adalah mengombinasikan lada hitam dengan yogurt. Pertama, campurkan satu sendok teh lada hitam yang telah dihaluskan dengan yogurt. Setelah tercampur rata, oleskan pada rambut, kemudian diamkan kurang lebih 30 menit. Setelah itu, bilas rambut dengan air saja tidak perlu menggunakan shampo supaya campuran lada dan yogurt dapat meresap hingga ke kulit kepala. Keesokan harinya bilaslah rambut dengan menggunakan shampo. Jangan menggunakan lada hitam berlebihan karena dapat menyebabkan kulit kepala terbakar.

Menghilangkan uban. Uban atau rambut putih dulunya identik dengan orang tua saja, namun ternyata saat ini banyak anak muda di bawah usia 30 tahun telah beruban. Hal ini umumnya disebabkan karena tingkat stress yang berlebihan atau kurangnya pigmen pada rambut. Untuk menghilangkan uban dapat dengan mencampurkan satu gram lada hitam dengan seratus gram yogurt tanpa gula. Setelah tercampur, oleskan secara perlahan pada kulit kepala dan rambut, kemudian diamkan selama satu jam. Setelah itu, cuci rambut dengan air hangat dan shampo. Lakukan perawatan ini setiap minggu sehingga rambut menjadi lebih indah tanpa adanya uban.

Mencegah kebotakan. Kebotakan merupakan permasalahan rambut yang sangat mengganggu bagi banyak orang. Umumnya seseorang rela mengeluarkan banyak biaya demi mengembalikan keutuhan rambut. Mencegah kebotakan sebenarnya dapat dilakukan di rumah, yaitu dengan membuat shampo lada hitam. Caranya dengan mencampur lada hitam dengan yogurt, kemudian gosokkan pada rambut, sama halnya saat menggunakan shampo. Setelah itu diamkan beberapa menit dan bilas serta cuci bersih rambut dengan menggunakan shampo.

Selain itu, berikut adalah manfaat lain lada bagi kesehatan tubuh dan kecantikan kulit:


  • Meredakan flu, batuk, dan demam
  • Mengobati gangguan pencernaan
  • Membantu mencegah kanker
  • Meredakan perut kembung
  • Membantu menurunkan berat badan
  • Meningkatkan daya penglihatan mata
  • Meningkatkan fungsi kognitif otak
  • Mencegah jerawat
  •  Membuat kulit cerah, cantik, dan bersinar



——————————
Tentang Penulis: Yesika Hartanto adalah mahasiswi S1 Program Studi Desain Interior, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

"Kisah 3 Orang Tukang Bangunan"

"Sudah Berusaha Tapi Kok Susah Suksesnya? Mungkin Ini Penyebabnya"

"6 Rasa Sakit yang Lebih Menyakitkan dari Melahirkan!"