"AGEs: Senyawa Berbahaya dalam Masakan"

AGEsMemasak makanan bermanfaat untuk membunuh kuman serta membuat makanan lebih mudah dicerna, lebih awet dan lebih lezat. Namun, memasak makanan dengan suhu terlalu tinggi atau dalam waktu lama dapat menghasilkan zat yang berbahaya bagi tubuh. Zat itu dikenal sebagai Advanced Glycation End products (AGEs), yang terjadi ketika molekul gula melebur dengan lemak atau protein dalam proses yang disebut glikasi (glycation). AGEs banyak terdapat dalam daging yang dimasak hingga kecoklatan atau berarang dengan memanggang, menggoreng atau membakar.



Tubuh kita secara alami juga membentuk AGEs ketika terdapat gula berlebihan dalam aliran darah, dalam proses yang disebut glikasi endogen. Tubuh yang sehat akan membuang produk glikasi, baik yang diambil dari makanan maupun yang dibuat sendiri. Namun, bila kita berlebihan mengonsumsi makanan yang mengandung AGEs, tubuh kita akan kewalahan sehingga tidak dapat menghilangkannya secara efektif. Akumulasi AGEs di dalam tubuh dapat memengaruhi semua sel, menyebabkan tubuh lebih rentan terhadap penyakit dan penuaan dini. AGEs diketahui berkontribusi terhadap peningkatan stres oksidatif dan peradangan, yang memicu dan memperburuk kondisi seperti diabetes, penyakit kardiovaskular, penyakit Alzheimer, penyakit ginjal, penurunan elastisitas kulit, disfungsi ereksi laki-laki, dan fibrosis paru.

Tips untuk mencegah akumulasi AGEs
Kurangi asupan makanan tinggi AGEs. Kurangi konsumsi daging bakar seperti steak sapi atau satai kambing. Ganti dengan sumber protein lain yang dikukus atau direbus, seperti pepes ikan atau pepes ayam. Bila Anda ingin memasak daging merah, cobalah untuk tidak memasak dengan suhu tinggi dengan metode slow-cooking. Memasak daging dengan kombinasi bumbu asam yang berisi lemon atau cuka juga bermanfaat mengurangi kadar AGEs.
Perbanyak makan sayuran. Sayuran adalah sumber bioflavonoid, polifenol, dan berbagai vitamin dan mineral. Mengonsumsi sayuran bermanfaat untuk menyediakan antioksidan yang menyeimbangkan efek AGEs dan menyediakan serat yang membantu menghilangkan racun dengan memelihara aktivitas usus.
Dapatkan cukup tidur. Orang yang kurang tidur memiliki AGEs beredar yang tinggi. Tidur adalah waktu ketika tubuh melakukan sebagian besar pertumbuhan dan perbaikan jaringan, sehingga lebih mampu mempertahankan diri melawan AGEs.

Source : http://majalahkesehatan.com/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

"Kisah 3 Orang Tukang Bangunan"

"Sudah Berusaha Tapi Kok Susah Suksesnya? Mungkin Ini Penyebabnya"

"6 Rasa Sakit yang Lebih Menyakitkan dari Melahirkan!"