Kenali Manfaat Bahan-Bahan Cantik dalam “Fruit Infused Water”

Banyak artis yang mengonsumsi fruit infused water untuk menjaga kesehatan mereka seperti Chelsea Elizabeth Islan, Dian Sastrowardoyo, Susan Bachtiar, dan juga artis mancanegara seperti Eva Longoria. Eva Longoria bahkan membuat resep khusus untuk fruit infused water dengan menggunakan buah cranberry dan pir. Namun, jangan cuma ikut-ikutan saja mengonsumsinya, kenali juga manfaat bahan-bahan yang dimasukkan ke air dalam botol tersebut. Dengan mengenali manfaat dari bahan-bahan tersebut, kita dapat memperoleh lebih banyak manfaat yang sesuai dengan kebutuhan tubuh kita.



Fruit infused water bukan hanya memberikan rasa pada minuman tetapi juga bermanfaat untuk menambah energy (energy booster) dan menurunkan berat badan. Kandungan berbagai bahan yang terdapat dalam infused water seperti lemon, daun mint, dan lain-lain dapat membantu pembakaran lemak serta melancarkan pencernaan. Selain membantu menurunkan berat badan, manfaat fruit infused water lainnya adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu menjaga kesehatan tubuh dengan mencegah insomnia dan mengobati atau mengobati beberapa penyakit seperti asma, depresi, penyakit jantung, dan kanker.

Bahan-bahan dan manfaatnya
Buah-buahan yang paling banyak dijadikan bahan untuk fruit infused water adalah buah dengan kategori asam (acid) seperti lemon, jeruk nipis, stroberi, jeruk, dan kiwi. Selain buah-buahan, sayur-sayuran dan dedaunan seperti mentimun dan daun mint juga dapat dijadikan sebagai bahan dalam fruit infused water.


  • Lemon dan jeruk nipis. Lemon dan jeruk nipis memiliki rasa yang cenderung asam namun manfaat dan khasiat mereka tidak diragukan lagi. Selain mengandung vitamin C, lemon dan jeruk nipis juga efektif menurunkan berat badan melalui pembakaran lemak dan membersihkan kotoran dalam perut, mengatasi mual, mencerahkan kulit, dan melawan bau mulut.
  • Kiwi. Buah lain yang efektif untuk membantu diet kita adalah buah kiwi. Meskipun relatif mahal, buah kiwi terbukti dapat mengurangi kadar trigliserida sehingga baik untuk kesehatan jantung, menangkal radikal bebas dalam tubuh, memiliki kalori rendah sehingga baik untuk diet, memperbaiki metabolisme tubuh, menjaga kesehatan mata dan meningkatkan kekebalan tubuh.
  • Stroberi. Stroberi mengandung vitamin C yang baik untuk kesehatan mata dan kekebalan tubuh. Selain itu stroberi juga ampuh mencegah keriput, memperbaiki sel-sel yang rusak, serta menurunkan risiko penyakit Alzheimer, Parkinson, dan Demensia.
  • Mentimun. Mentimun memiliki kandungan air dan silika yang tinggi sehingga dapat mengatasi dehidrasi dan berfungsi sebagai anti-inflamasi untuk tubuh.
  • Daun mint. Daun mint dapat membuat air menjadi sedikit lebih manis dan terasa menyegarkan, sangat baik untuk pencernaan, meringankan asma dan depresi serta membantu menenangkan pikiran.


Kombinasi aneka bahan
Inilah manfaat fruit infused water berdasarkan kombinasi aneka buah yang digunakan:

Stroberi dan kiwi. Campuran buah stroberi dan kiwi dapat memberikan manfaat jangka panjang untuk kesehatan kardiovaskular dan menjaga gula darah, selain manfaat sehari-hari untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh dan memperlancar pencernaan.
Teh hijau, daun mint dan jeruk nipis. Kombinasi daun mint, teh hijau dan jeruk nipis memberikan manfaat jangka panjang untuk membakar lemak dan menurunkan berat badan, selain manfaat sehari-hari untuk memperlancar pencernaan, meredakan sakit kepala, mengatasi susah buang air besar, dan menjaga bau mulut.
Mentimun, jeruk nipis dan lemon. Campuran buah kategori asam dan mentimun ini dapat bermanfaat untuk mengontrol nafsu makan, mengatasi kembung, mengatasi dehidrasi, dan menjaga kesehatan pencernaan.
Lemon dan jeruk nipis. Hampir sama dengan sebelumnya, campuran kedua buah kategori asam ini bermanfaat sebagai sumber vitamin C dan meningkatkan sistem pertahanan tubuh.

Cara Membuat
Berikut adalah cara sederhana untuk membuat fruit infused water.

Pilih buah, sayuran atau herba yang akan dijadikan bahan fruit infused water.
Cuci bersih bahan-bahan yang telah dipilih dengan air mengalir.
Iris buah seperti lemon, jeruk, dan kiwi dengan ketebalan kira-kira 0,7 cm. Potong menjadi dua untuk buah-buah seperti anggur dan stroberi.
Jangan lupa untuk menambahkan air masak kira-kira 500 ml, lalu masukkan buah ke dalam wadah dan tutup rapat. Tidak perlu menambahkan sirup atau gula.
Simpan dalam lemari es selama 2 jam agar sari-sari bahan melarut.
Fruit infused water siap diminum.
Jika airnya habis maka bisa diisi ulang. Namun lebih baik jika bahan-bahan diganti dengan yang baru. Buah, sayuran dan herba mudah mengalami pembusukan dan mudah teroksidasi sehingga mengubah bau dan warnanya, dan mudah hancur jika disimpan terlalu lama. Biasanya bahan yang sama dapat digunakan selama 48 jam, namun lebih baik jika diganti setelah 8 jam.


———————
Tentang Penulis
Christina Kawatu adalah mahasiswi Program S1 Desain Interior Universitas Kristen Petra, Surabaya. Artikel ini dimaksudkan untuk membantu para pembaca mengenali manfaat buah, sayuran dan dedaunan dalam fruit infused water.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

"Kisah 3 Orang Tukang Bangunan"

"Sudah Berusaha Tapi Kok Susah Suksesnya? Mungkin Ini Penyebabnya"

"6 Rasa Sakit yang Lebih Menyakitkan dari Melahirkan!"