"Ingin Meningkatkan Daya Ingat? Cobalah Trik Ini"

Bagi Anda para pelajar yang sedang mempersiapkan diri untuk ujian, atau para karyawan yang bersiap untuk presentasi, trik berikut dapat membantu Anda mengingat pelajaran atau materi presentasi Anda:
Ketika membaca materi yang ingin Anda hapal, kepalkan telapak tangan kanan Anda. Ketika Anda ingin mengingat apa yang sudah Anda hapal, kepalkan telapak tangan kiri Anda.
Sebuah studi baru yang dipimpin oleh Ruth Propper dari Montclair State University menunjukkan bahwa trik itu memang terbukti dapat membantu daya ingat Anda. Penelitian yang sebagian didanai oleh Angkatan Darat AS itu diterbitkan hasilnya dalam jurnal PLoS ONE.

“Temuan kami menunjukkan bahwa beberapa gerakan tubuh yang sederhana ini dapat meningkatkan daya ingat,” kata Propper. “Penelitian di masa depan akan memeriksa apakah mengepalkan tangan juga dapat meningkatkan bentuk-bentuk kognisi lain, misalnya kemampuan bicara atau spasial. ”
Propper dan rekan-rekannya merekrut 50 orang non-kidal untuk studi mereka. Sebagian besar dari mereka adalah perempuan. Mereka diberi daftar 36 kata untuk dihapal dan kemudian diminta untuk mengingat kata-kata sebanyak yang mereka bisa.
Ke-50 subyek itu dibagi menjadi lima kelompok: satu kelompok yang menggenggam bola karet di telapak kanan mereka selama sekitar 45 detik ketika membaca daftar kata sebelum menuliskan sebanyak mungkin kata-kata yang mereka ingat, satu kelompok lain melakukan hal yang sama dengan tangan kiri. Satu kelompok lain menggenggam bola karet di telapak kanan saat membaca, kemudian di telapak kiri sembari menuliskan sebanyak mungkin kata-kata yang mereka ingat, satu kelompok lain melakukan sebaliknya. Satu kelompok kontrol tidak mengepalkan telapak tangan mereka sama sekali.
Ketika Propper dan timnya melakukan penilaian, mereka menemukan bahwa kelompok dengan nilai terbaik pada tes memori itu adalah mereka yang mengepalkan telapak kanan saat menghafal, dan telapak kiri saat mengingat kembali kata-kata. Kelompok itu mengingat rata-rata sepuluh kata, dibandingkan orang-orang dalam kelompok lain yang hanya mengingat rata-rata enam kata.

Aktivasi otak

Bagaimana mengepalkan telapak tangan memengaruhi otak? Mengepalkan telapak tangan diketahui memengaruhi keadaan emosional. Penelitian sebelumnya juga telah menunjukkan bahwa mengepalkan telapak tangan kiri atau kanan meningkatkan aktivitas otak di belahan yang berlawanan. Propper dan rekan-rekannya menduga bahwa belahan otak kiri dan kanan masing-masing berperan penting dalam menghapal dan mengingat. Ketika Anda mengepalkan tangan kanan, Anda mengaktifkan sisi kiri otak yang membantu menyimpan memori dan kemudian ketika Anda mengepalkan telapak kiri, Anda mengaktifkan sisi kanan otak untuk mengingat kembali informasi.

Untuk orang kidal

Studi saat ini tidak menawarkan trik memori untuk orang kidal, yang otaknya terkenal lebih sulit untuk diketahui cara kerjanya. Jika Anda kidal, mungkin yang sebaliknya berlaku.
—————————————
SUMBER: Propper et al. “Getting a Grip on Memory: Unilateral Hand Clenching Alters Episodic Recall.” PLoS ONE 8: e62474, 24 April 2013.
Source : http://majalahkesehatan.com/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

"Virginia Madsen"

"Great Teacher Onizuka 2012"

"Tanya-Jawab Mengenai Radang Usus Buntu (Apendisitis)"