"Waspadai Tanda-tanda Orang yang Ingin Bunuh Diri"


Keinginan bunuh diri dari seseorang tidak muncul secara tiba-tiba. Kebanyakan sebelum memutuskan untuk melakukan bunuh diri, keinginan itu didahului oleh munculnya depresi.

Akhir-akhir ini, kasus bunuh diri cenderung mengalami peningkatan, mulai dari kaum miskin hingga kaya-raya. Bahkan kasus bunuh diri menjadi salah satu dari tiga penyebab utama kematian kalangan yang berumur 15-44 tahun di Indonesia. Penyebabnya bisa karena tekanan lingkungan.



Meskipun demikian, ada beberapa tanda-tanda yang bisa dikenali dari orang yang nekat melakukan aksi bunuh diri. Berikut ini beberapa tanda-tanda orang yang ingin bunuh diri.

1. Ancaman bunuh diri

Beberapa kasus, seseorang akan memberi tahu orang lain secara langsung tentang pikirannya untuk bunuh diri. Atau berusaha melakukan pendekatan yang tidak langsung, seperti mengatakan bahwa dunia akan lebih baik tanpa kehadirannya di dunia atau kalau dia mati.

2. Menjauhkan diri dari pergaulan

Orang yang ingin bunuh diri kemungkinan tidak suka bergaul dengan orang lain atau ingin dibiarkan sendiri. Adanya masalah di tempat kerja atau di sekolah juga merupakan tanda lain menarik diri dari pergaulan.

3. Emosi yang labil

Tidak ada manusia yang tidak pernah mengalami naik turunnya suasana hati. Namun, perubahan suasana hati yang drastis, bisa merupakan tanda orang yang ingin bunuh diri, misalnya suatu hari ia memperlihatkan emosi yang menggebu dan di hari ini ia tampak begitu tertekan, putus asa – bukanlah hal normal.

4. Depresi

Tanda peringatan orang yang ingin bunuh diri lainnya adalah depresi yang dalam. Kadang-kadang orang tersebut begitu depresi sehingga dia kesulitan berfungsi di masyarakat atau di tempat kerja.

5. Melakukan aktivitas berbahaya

Aktivitas yang sangat berbahaya misalnya berkendaraan dengan kecepatan tinggi, melakukan seks tidak aman atau pemakaian obat secara tidak terkendali, dapat merupakan tanda-tanda timbulnya keinginan untuk mati.

6. Krisis kepribadian

Mengalami langkah mundur dalam kehidupan, misalnya perceraian, kehilangan pekerjaan atau kematian orang yang dicintai yang sulit diatasi seseorang. Di antara orang yang mengalami depresi, krisis demikian dapat mendorong mereka ke jurang putus asa atau memicu upaya bunuh diri.

7. Perubahan kepribadian yang ekstrem

Tanda sebelum seseorang melakukan bunuh diri, kemungkinan akan terlihat adanya perubahan dalam kepribadian dan kebiasaan atau rutinitasnya, misalnya pola makan atau pola tidurnya. Sebagai contoh, orang yang biasanya pemalu tiba-tiba menjadi begitu menarik perhatian dalam sebuah pesta, atau orang yang tadinya sangat terbuka tiba-tiba menjadi penyendiri.

8. Memberi hadiah

Kadang-kadang sebelum melakukan upaya bunuh diri, orang yang mengalami depresi akan memberikan miliknya yang berharga kepada orang lain, karena yakin sudah tidak membutuhkannya lagi.

Memang pikiran masing-masing orang yang akan melakukan bunuh diri tidak ada yang sama, tetapi biasanya ada kesamaan perilaku pada orang-orang tersebut. Jadi perhatikan dan waspadai orang-orang terdekat Anda bila menunjukkan tanda-tanda orang yang ingin bunuH diri seperti di atas.(sumber : tribunnews.com)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

"Kisah 3 Orang Tukang Bangunan"

"Sudah Berusaha Tapi Kok Susah Suksesnya? Mungkin Ini Penyebabnya"

"6 Rasa Sakit yang Lebih Menyakitkan dari Melahirkan!"