"Melihat dari Sisi Lain"


Saat tahun-tahun pertama istri saya mengelola usaha lembaga pendidikan, banyak sekali kendala yang ia alami. Maklumlah istri saya tidak punya latar belakang bisnis atau pengalaman dalam managerial.Trial and error sering mewarnai usaha yang dijalankannya, dan jika ada masalah terkadang ia meminta saya untuk membantu memecahkannya atau paling tidak memberikan masukan.



Suatu hari istri saya bercerita sambil mengeluh, "Kenapa ya terkadang terjadi begini ?. Ketika ada masuk 5 orang murid baru, eh..minggu depannya keluar 4 murid. Ketika ada yang daftar murid baru 3 orang, eh.. bulan depannya cuti/mengundurkan diri 2 orang. Apa sih yang salah ?, kalau begini ya gak maju-maju, sulit berkembang?"
Lalu saya pun mencoba memberikan masukan dengan mengatakan seperti ini. "Setiap usaha pasti mempunyai masalahnya sendiri, dan apabila itu terjadi, yang pertama adalah janganlah mengeluh terlebih dahulu. Apalagi kamu masih baru,kamu harus banyak belajar dari pengalaman-pengalaman ini dan cari solusinya bukan selalu memikirkan masalahnya. ini adalah bagian dari proses. Yang kedua adalah yang paling penting, lihatlah dari sisi baiknya". Lalu istri sayapun menjawab, "Maksud loe..?"
Sayapun mencoba untuk memberikan pengertian dan mengatakan. "Bukankah Tuhan begitu baik kepada kamu !. Mengapa ?. Coba kamu pikir baik-baik, kenapa saya bilang Tuhan begitu baik kepadamu, Dia sangat mengasihi kamu. Sebelum kamu kekurangan murid, maka Dia sebelumnya mengirimkan kepada kamu murid baru. Sebelum kamu kehilangan 4 murid, Tuhan sudah mengirimkan 5 orang murid baru terlebih dahulu. Dan sebelum bulan depannya kamu kehilangan 2 orang murid yang cuti, Tuhan sudah mengirim kepada kamu 3 orang murid baru di minggu ini ! Artinya Tuhan memperhatikan kamu, Dia tidak membiarkan kamu kekurangan, Dia bahkan memberikan kamu lebih...".
Sejak saat itu istri saya selalu bersyukur, apapun yang ia alami di kehidupannya.
Cerita kami di atas hanyalah sebagai salah satu contoh kejadian yang mungkin sering terjadi di kehidupan banyak orang. Ketika masalah muncul, seringkali respons kita adalah mengeluh tetapi tidak mencari solusinya. Hal yang paling penting disetiap permasalahan yang datang kepada kita adalah RESPONS kita terhadap masalah itu. Jika respons kita negatif maka segala tindakan kita juga menjadi negatif dan hasilnyapun menjadi negatif. Masalah tidak pernah menghancurkan seseorang, yang menghancurkan adalah respons kita terhadap masalah itu. Mengapa ada orang mengalami krisis, dan orang itu menjadi hancur hidupnya tetapi orang lain justru menjadikan ia lebih sukses ?
Setiap masalah pasti ada sisi baiknya
Setiap kesulitan, bisa jadi merupakan suatu peluang yang menyamar. Jadi janganlah mengeluh
Jangan sekali-kali menilai hari dari cuacanya. Hari yang penuh angin ribut mungkin saja menjadi hari paling menguntungkan bagi anda.

Tetap POSITIF,tetap SEMANGAT, tetap LUAR BIASA

HAPPY S. TJANDRA
Inspirational Motivator Trainer

Komentar

Postingan populer dari blog ini

"Kisah 3 Orang Tukang Bangunan"

"Sudah Berusaha Tapi Kok Susah Suksesnya? Mungkin Ini Penyebabnya"

"6 Rasa Sakit yang Lebih Menyakitkan dari Melahirkan!"