"5 Larangan Sebelum Melakukan Olahraga"

Anda tentunya tentu akan menyiapkan diri sebaik mungkin sebelum melakukan olahraga, mulai dari menyiapkan minum, makanan rendah kalori, pakaian yang akan dipakai hingga gadget pendukung olahraga. Tapi, selain menyiapkan berbagai hal tersebut untuk mendukung performa Anda saat berolahraga, sebaiknya menghindari 5 larangan ini sebelum berolahraga.



1. Mengonsumsi minuman beralkohol

Minuman beralkohol bisa menyebabkan dehidrasi, penyempitan pembuluh darah, menimbulkan kantuk, mengganggu fungsi motorik, dan berbagai efek buruk lain yang tidak kondusif untuk berolahraga. Selain itu, yang lebih berbahaya, minum minuman beralkohol meskipun hanya satu gelas, dapat menurunkan kadar gula darah Anda, yang dapat menyebabkan tubuh terasa lemas dan berisiko mengalami cedera.

2. Minum air putih terlalu banyak dalam waktu singkat

Ginjal dapat memproses hingga satu liter air dalam waktu sejam. Jika Anda minum air lebih dari itu, Anda bisa berisiko mengalami hyponatremia, di mana darah menjadi encer dan konsentrasi ion sodium menurun terlalu rendah.

Gejalanya antara lain, kehilangan energi, otot terasa lemah dan kram, sehingga tidak baik untuk berolahraga. Bahkan yang lebih berbahaya, kondisi ini jika tak segera diatasi bisa menyebabkan koma. Lebih baik minum sedikit mungkin menjelang berolahraga, dua atau tiga gelas air tiga jam sebelum olahraga. Jika perut Anda penuh dengan air, ini akan mengganggu  aktivitas olahraga.

3. Mengenyangkan diri dengan makanan pedas

Makan besar dan makan pedas sebelum berolahraga sangat tidak disarankan. Ini bisa menyebabkan asam lambung naik ketika sedang berolahraga. Perut kenyang akan meningkatkan risiko kontak asam lambung dan menyebabkan iritasi di bagian kerongkongan, yang kemudian akan menimbulkan heartburn.

Jika Anda berolahraga ketika perut masih mencerna makanan, ini akan menghambat darah mengalir ke otot. Sehingga, Anda aliran darah menjadi kurang ke perut untuk mencerna makanan dengan baik. Jika Anda berencana berolahraga, hindari mengonsumsi daging, telur, jagung, dan makanan lain yang membuat usus bekerja keras mencernanya. Lebih baik konsumsi buah-buahan beberapa jam sebelum berolahraga.

4. Bercinta dengan berbagai posisi

Agar stamina Anda tetap prima saat berolahraga, sebaiknya jangan dulu bercinta dengan pasangan Anda. Bercinta selalu menghabiskan banyak energi dan menguras stamina. Bukan hanya itu, selama bercinta, tubuh juga akan mengeluarkan hormon oksitosin yang membuat Anda merasa nyaman. Jika Anda berencana melakukan olahraga yang bersifat pertandingan, sebaiknya hindari acara bercinta sebelum berolahraga.

5. Peregangan statis

Saat berolahraga, otot Anda membutuhkan jaminan kekuatan, ketika Anda melakukan peregangan statis sebelumnya, Anda justru akan membatasi kemampuan otot untuk melakukan tugasnya.
Sebuah studi yang telah dipublikasikan di Journal of Strength and Conditioning Research, atlet yang melakukan peregangan sebelum squat, kekuatannya menurun 8.36% dan stabilitas tubuh lebih rendah 22.68%, dibandingkan mereka yang melakukan peregangan dinamis.

Sumber : WomensHealth

Komentar

Postingan populer dari blog ini

"Kisah 3 Orang Tukang Bangunan"

"Sudah Berusaha Tapi Kok Susah Suksesnya? Mungkin Ini Penyebabnya"

"6 Rasa Sakit yang Lebih Menyakitkan dari Melahirkan!"