"7 Makanan yang Bisa Meningkatkan Kesuburan Pria dan Wanita"


Banyak faktor penyebab ketidaksuburan atau infertilitas bagi pasangan suami isteri yang belum mempunyai momongan, yang paling dominan adalah faktor genetik. Namun salah satu faktor lainnya yang juga tak kalah penting adalah pola makan. Standard American Diet (SAD) menyatakan bahwa infertilitas terjadi sebanyak 30% akibat pola makan yang tidak sehat, pola makan tinggi lemak, tinggi gula namun rendah asupan nutrisi lain.


Agar bisa cepat hamil, pola makan yang sehat adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan peluang untuk memiliki anak. Selain makan banyak buah-buahan dan sayuran untuk meningkatkan kesuburan, para ahli mengatakan bahwa ada beberapa makanan yang ternyata juga bisa meningkatkan kualitas sel telur dan juga membantu mengoptimalkan fungsi hormon.  Berikut adalah tujuh makanan yang ternyata bisa meningkatkan kesuburan pria dan wanita, yaitu :

Kaldu tulang
Kaldu tulang merupakan salah satu makanan terbaik untuk menyembuhkan usus dan memperlancar proses pencernaan. Ketika sistem pencernaan Anda berfungsi dengan baik, metabolisme Anda akan bekerja dengan benar dan seluruh tubuh Anda dapat berfungsi lebih optimal, termasuk hormon Anda.

Telur
Telur banyak mengandung vitamin dan mineral, antioksidan, lemak jenuh, kolesterol, asam lemak omega-3 dan nutrisi lain yang penting bagi kesuburan. Kolin yang terkandung dalam telur sangat penting untuk mencegah cacat saraf dan membantu perkembangan otak bayi selama kehamilan. Namun, sebaiknya Anda memilih telur ayam kampung atau organik karena itu tidak mengandung bahan kimia.



Minyak kelapa
Minyak kelapa bisa meningkatkan kesuburan Anda, karena minyak kelapa adalah salah satu sumber nabati terbaik dari lemak jenuh. Asam lemak yang terdapat pada minyak kelapa juga cepat diserap ke dalam tubuh, sehingga Anda bisa mendapatkan energi dengan cepat.

Tiram
Makanan yang ternyata bisa meningkatkan kesuburan pria dan wanita lainnya yaitu tiram. Makanan ini kaya akan seng, selenium, dan vitamin yang larut dalam lemak (Vitamin A dan D) yang merupakan kunci untuk kesuburan.

Butter
Penelitian terbaru menunjukkan bahwa butter bagus untuk kesuburan. Namun pilihlah butter yang memiliki kualitas baik. Butter dengan kualitas baik mengandung banyak vitamin yang larut dalam lemak A, E, D, K dan vitamin K2. Vitamin K2 tidak hanya membantu tubuh untuk menggunakan kalsium, tetapi juga penting untuk metabolisme, yang terkait dengan konsepsi, perkembangan bayi dan kesehatan wanita selama dan setelah kehamilan.

Hati
Hati adalah sumber vitamin A tertinggi yang ditemukan pada hewan, dengan mengonsumsi hati dapat membantu kesuburan karena Anda akan mendapatkan banyak vitamin A.

Kacang-kacangan
Anda juga bisa makan kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau, asparagus, alpukat, dan jeruk untuk mendapatkan folat. Asam folat sudah terbukti dapat mencegah cacat tabung saraf seperti spina bifida dan juga dapat meningkatkan kesuburan.

Bila anda merencanakan ingin segera mendapatkan kehamilan, sebaiknya periksakan terlebih dulu mengenai kondisi  tingkat kesuburan anda dan pasangan ke dokter. Jika dianggap tidak ada permasalahan yang serius, cobalah beberapa konsumsi makanan yang bisa meningkatkan keseburan pria dan wanita seperti yang diurai diatas. Semoga bermanfaat. (Fox News)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

"Kisah 3 Orang Tukang Bangunan"

"Sudah Berusaha Tapi Kok Susah Suksesnya? Mungkin Ini Penyebabnya"

"6 Rasa Sakit yang Lebih Menyakitkan dari Melahirkan!"