"Apakah Madu Baik untuk Penderita Diabetes?"


Saya memiliki diabetes, apakah madu baik untuk saya?

Bila Anda menanyakan hal itu kepada dokter, kemungkinan besar jawabannya adalah tidak. Namun, penelitian mengenai efek madu terhadap diabetes sejauh ini sebenarnya belum menghasilkan kesimpulan yang bulat.



Sebuah studi di tahun 2009 yang dimuat dalam “International Journal of Food Science & Nutrition” menunjukkan bahwa konsumsi madu selama 8 minggu pada sekelompok pasien diabetes menunjukkan efek yang baik terhadap berat badan dan kolesterol darah. Namun, hemoglobin A1C mereka — yang menggambarkan konsentrasi glukosa darah rata-rata dalam 1-3 bulan — menunjukkan kenaikan.

Studi lain pada tikus menunjukkan bahwa kombinasi obat anti-diabetes (Metformin dan Glibenclamide) dengan madu memberikan efek yang lebih baik dalam pengendalian gula darah dibandingkan hanya dengan obat anti-diabetes saja. Efek ini diyakini karena madu kaya akan antioksidan. Namun, tidak jelas apakah efek tersebut berlaku untuk semua jenis madu. Dalam studi tersebut, peneliti menggunakan madu Tualang yang dihasilkan oleh lebah dari bunga pohon Tualang (Koompassia excelsa), tumbuhan hutan yang banyak terdapat di Sumatra, Thailand Selatan dan Malaysia. Madu Tualang memiliki 14–18 senyawa yang bersifat antioksidan.

Selain itu, indeks glikemik (IG) madu bervariasi. Sebagian jenis madu memiliki IG yang hampir sama dengan gula di kisaran 58-60 sebagian lainnya lebih rendah, tergantung pada bunga yang menjadi sumber makanan lebah. Makanan yang berindeks glikemik tinggi sebaiknya dihindari oleh penderita diabetes karena akan menyebabkan lonjakan gula darah setelah mengonsumsinya. Tak terkecuali madu.

Sebelum ada penelitian lain yang lebih meyakinkan, Anda yang menderita diabetes sebaiknya meminimalkan konsumsi madu untuk kehati-hatian. Meskipun ada potensi manfaat madu untuk diabetes, ada juga potensi mudaratnya. Untuk mengatasi diabetes secara alami, ada banyak alternatif lain yang tersedia bagi Anda selain madu.

Source: http://majalahkesehatan.com/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

"Virginia Madsen"

"Great Teacher Onizuka 2012"

"Tanya-Jawab Mengenai Radang Usus Buntu (Apendisitis)"