"Testis pada Bayi Tidak Turun"


Testis yang tidak turun pada bayi, dikenal dengan istilah Cryptorchidism atau undescended testicle / undesensus testis, yaitu kondisi di mana satu atau kedua testis (buah zakar) tidak turun ke scrotum (kantung buah zakar) sebelum bayi lahir (normalnya turun pada saat usia kehamilan 9 bulan). Seringkali pada kondisi undescended testicle ini, testis akan turun ke scrotum dengan sendirinya setelah bayi berusia beberapa bulan.



Pemeriksaan
Bila terdapat dugaan/keluhan bahwa buah zakar (testis) bayi tidak masuk pada kantungnya (scrotum) sampai usia 6 bulan maka perlu berkonsultasi dengan dokter spesialis anak, di mana akan dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung dan bila perlu dilakukan pemeriksaan ultrasonografi atau CT scan/MRI dan pemeriksaan kadar hormon LH, FSH, progesteron, testosteron.

Penanganan
Bila testis tetap tidak turun ke scrotum setelah usia 6 bulan, maka dokter akan mempertimbangkan penanganan berikut ini :

Injeksi hormon B-HCG atau testosteron untuk mengupayakan testis turun ke scrotum.
Pembedahan (orchiopexy) merupakan terapi utama untuk membawa testis kembali ke scrotum, dilakukan pada usia antara 6-12 bulan.

Komplikasi
Bila tidak dilakukan penanganan yang tepat pada saat yang tepat, dapat terjadi komplikasi berikut ini :


  • Kanker testis
  • Infertilitas / gangguan kesuburan
  • Testis terpelintir (testicular torsion)
  • Inguinal hernia
  • Trauma (bila testis terletak di lipat paha)


Source : http://majalahkesehatan.com/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

"Kisah 3 Orang Tukang Bangunan"

"Sudah Berusaha Tapi Kok Susah Suksesnya? Mungkin Ini Penyebabnya"

"6 Rasa Sakit yang Lebih Menyakitkan dari Melahirkan!"