"Cantik itu Harus Sehat"


Oleh: Hendratmoko Priyambodo

Kebanyakan wanita sibuk dengan aktivitasnya, sampai – sampai lupa dengan dirinya, terutama wajah. Bagi wanita, wajah adalah sesuatu yang sangat penting tetapi  banyak wanita yang belum mengerti cara merawat wajah dengan baik. Agar terhindar dari masalah wajah seperti jerawat, kulit berminyak, kulit kering, dan kulit kusam, rawatlah kulit Anda dengan cara di bawah ini :



1. Rutin membersihkan wajah
Selalu rutin membersihkan wajah. Selelah apapun Anda, jangan biarkan wajah terbengkalai, terutama sebelum tidur dan sehabis berpergian. Buang sisa kotoran dan minyak yang berpontensi menyumbat kulit wajah. Untuk pemakaian harian, pilih produk kecantikan berbahan dasar air atau yang mengandung bahan alami.

2. Ubah pola tidur
Jangan terbawa situasi stres dengan kebiasaan tidur larut malam dan bangun siang di keesokan harinya. Kulit  Anda akan terasa kaku dan kuyu. Jika hal ini dibiarkan, maka kulit Anda akan lebih “cepat tua” dari usia sesungguhnya. Ubah pola tidur Anda, lakukan rutinitas tidur lebih awal dan bangun lebih pagi agar kulit lebih segar. Tidur 7 samapai 8 jam setiap malam akan membantu tubuh untuk memperbaiki sel-sel yang rusak.

3. Banyak minum air putih
Seringkali tanpa disadari, kita mengkonsumsi makanan yang tidak diperlukan oleh tubuh. Jangan lupa minum air putih 8 gelas sehari, yang disarankan oleh ahli gizi. Gunanya adalah untuk menghindari dehidrasi tubuh dan kulit.

4. Gunakan krim malam
Agar kulit tetap terjaga kekenyalannya, gunakan krim malam yang mampu melembabkan dan membantu meregenerasikan kulit saat Anda terlelap.

5. Perhatikan asupan makanan
Hindari mengonsumsi makanan yang berkadar lemak tinggi, karena akan membuat tubuh terasa cepat lelah. Jenis makanan yang tidak mengandung serat dan gizi yang baik akan memperlambat metabolisme tubuh, termasuk regenerasi sel-sel kulit. Mulailah mengatur pola makan seimbang yang mengandung serat, vitamin dan omega 3 agar tubuh tetap sehat.

6. Beri pelembab
Bukan hanya kulit wajah yang terkena dampak buruk dari stres, kulit tubuh pun turut terkena imbasnya. Biasanya, kulit akan cepat kering dan bersisik. Biasakan setelah mandi mengoleskan body oil maupun body lotion untuk menjaga kelembaban.

Nah itulah sedikit resep sederhana dan murah. Selamat mencoba dan mudah – mudahan bermanfaat bagi para wanita.

Tentang Penulis:
Hendratmoko Priyambodo adalah mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta asal kota Leces, Probolinggo. Anda bisa menghubungi penulis melalui hendrapri92@gmail.com.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

"Kisah 3 Orang Tukang Bangunan"

"Sudah Berusaha Tapi Kok Susah Suksesnya? Mungkin Ini Penyebabnya"

"6 Rasa Sakit yang Lebih Menyakitkan dari Melahirkan!"