"Batu Ginjal Berhubungan Dengan Penyakit Kardiovaskuler"

Telah lama diketahui bahwa batu ginjal meningkatkan risiko penyakit ginjal kronis (chronic kidney disease) yang dapat berlanjut sehingga menyebabkan gagal ginjal. Para peneliti China baru-baru ini menemukan juga adanya hubungan antara batu ginjal dan penyakit kardiovaskuler.

Yanqiong Liu dan rekan-rekannya di First Affiliated Hospital, Guangxi, China menganalisis sekumpulan data dari 50.000 pasien batu ginjal dan 3,5 juta orang dari kelompok kontrol. Mereka menyelidiki apakah ada hubungan antara batu ginjal dan penyakit kardiovaskuler. Dalam pengambilan kesimpulan, mereka mempertimbangkan faktor-faktor risiko lain untuk masalah jantung, seperti obesitas dan tekanan darah.



Hasilnya, penderita batu ginjal memiliki risiko 19 persen lebih tinggi untuk penyakit jantung koroner dibandingkan orang yang sehat. Mereka juga memiliki kenaikan risiko stroke hingga 40 persen. Hal yang mengejutkan para peneliti adalah fakta bahwa risiko serangan jantung meningkat pada pasien batu ginjal wanita, tapi tidak pada pasien laki-laki. Mengapa begitu, para ilmuwan belum mengetahui.

Studi lanjutan
Studi lebih lanjut diperlukan untuk mengklarifikasi betul-tidaknya hubungan risiko dengan jenis kelamin. Perbedaan hormonal antara perempuan dan laki-laki mungkin menjelaskan perbedaan dalam hubungan tersebut. Apakah batu ginjal benar-benar memengaruhi jantung atau hanya memiliki sebab-sebab yang sama dengan penyakit jantung juga masih belum jelas. Studi sebelumnya menemukan bahwa faktor yang meningkatkan risiko penyakit jantung yaitu obesitas dan lemak di lingkar perut atau pinggang juga meningkatkan risiko pembentukan batu ginjal.

Penyebab batu ginjal
Bahan-bahan limbah hasil metabolisme tubuh seperti kalsium, oksalat, sistin, fosfat dan xanthine biasanya dibuang dari tubuh melalui urin. Jika pembuangan limbah dari tubuh terganggu–misalnya karena kurang minum sehingga tidak cukup cairan untuk menyingkirkan mereka– bahan-bahan limbah itu mengendap dan mengeras di ginjal sehingga menjadi batu ginjal. Batu yang terjebak di ginjal atau bergerak melalui saluran kemih ke ureter dapat menyebabkan rasa sakit yang luar biasa atau kram yang disertai mual dan muntah. Kondisi tersebut dinamakan sebagai kolik ginjal.

———–
Sumber: Liu, Yanqiong et al.: Kidney Stones and Cardiovascular Risk: A Meta-analysis of Cohort Studies, American Journal of Kidney Diseases , Volume 64 , Issue 3 , 402– 410, September 2014.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

"Virginia Madsen"

"Great Teacher Onizuka 2012"

"Tanya-Jawab Mengenai Radang Usus Buntu (Apendisitis)"