"Akrosianosis"




Definition :
Akrosianosis (Acrocyanosis)adalah warna kebiru-biruan tanpa rasa sakit pada kedua tangan dan kaki (lebih jarang) yang bersifat menetap. Kelainan ini biasanya terjadi pada wanita.
Acrocyanosis adalah biru atau persisten cyanotic perubahan warna pada ekstremitas, paling sering terjadi di tangan, meskipun juga terjadi pada kaki dan bagian distal wajah.  Meskipun digambarkan lebih dari 100 tahun yang lalu dan tidak jarang dalam prakteknya, sifat dari fenomena ini masih belum pasti. The "acrocyanosis"  Istilah ini sering diterapkan tidak tepat dalam kasus-kasus ketika perubahan warna biru tangan, kaki, atau bagian dari wajah dicatat. bentuk (primer) utama acrocyanosis adalah bahwa dari jinak kondisi kosmetik,  kadang-kadang disebabkan oleh relatif jinak neurohormonal gangguan. Terlepas dari penyebabnya, bentuk jinak biasanya tidak memerlukan perawatan medis. Sebuah medis darurat akan terjadi jika ekstremitas mengalami periode lama dari paparan dingin, terutama pada anak-anak dan pasien dengan kesehatan umum yang buruk.  Namun, radang dingin berbeda dari acrocyanosis karena sakit (melalui termal nociceptors ) sering menyertai kondisi mantan, sementara yang terakhir ini sangat jarang berhubungan dengan nyeri. Ada juga sejumlah kondisi lain yang mempengaruhi tangan, kaki, dan bagian wajah dengan warna kulit yang terkait perubahan yang perlu dibedakan dari acrocyanosis: Fenomena Raynaud, pernio, acrorygosis, erythromelalgia, sindrom jari biru. Diagnosis mungkin berbeda dalam beberapa kasus, terutama ketika sindrom ini hidup berdampingan.

Acrocyanosis mungkin merupakan tanda dari masalah medis yang lebih serius, seperti penyakit jaringan ikat dan penyakit yang berhubungan dengan sianosis sentral . Kondisi penyebab lainnya termasuk infeksi, toksisitas, sindrom antifosfolipid, krioglobulinemia, neoplasma. Dalam kasus ini, perubahan yang diamati kulit yang dikenal sebagai "acrocyanosis sekunder". Mereka mungkin memiliki distribusi kurang simetris dan mungkin berhubungan dengan rasa sakit dan kehilangan jaringan.



Cause :
Penyebabnya adalah kejang yang tidak dapat diterangkan pada pembuluh darah kecil di kulit.
Acrocyanosis ditandai dengan sianosis perifer: sianosis terus-menerus dari tangan atau tangan, kaki, atau wajah.  The ekstremitas sering dingin dan berkeringat dan dapat menunjukkan beberapa pembengkakan (terutama dalam cuaca hangat).  Para telapak tangan dan kaki menunjukkan  berkeringat dan cukup lembab untuk sebesar-besarnya, tetapi semua denyut harus memiliki tingkat normal, ritme, dan kualitas.  Paparan suhu dingin memperburuk sianosis, sementara itu sering meningkat pada pemanasan.  Selain perubahan warna, pasien biasanya tidak menunjukkan gejala dan karena itu biasanya tidak ada rasa sakit yang terkait. Tanda paling umum, perubahan warna, biasanya adalah apa yang mendorong pasien untuk mencari perawatan medis.

Sign & Symptoms :
Jari tangan atau jari kaki dan tangan atau kaki terasa dingin terus menerus dan kebiru-biruan serta berkeringat banyak, juga bisa terjadi pembengkakan. Suhu yang dingin biasanya akan menambah warna kebiruan dan penghangatan akan menguranginya. Tidak ditemukan rasa nyeri maupun kerusakan kulit.

Diagnose :
Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejala-gejala yang menetap, yang terbatas kepada tangan dan kaki penderita, disertai denyut nadi yang normal.

Treatment :
Meskipun sangat jarang, untuk mengurangi gejala bisa dilakukan pemotongan saraf simpatis.


Pada bayi baru lahir

Acrocyanosis umum biasanya setelah melahirkan prematur dan istilah penuh baru lahir  Intervensi biasanya tidak diperlukan, meskipun rumah sakit memilih untuk memberikan oksigen tambahan untuk tindakan pencegahan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

"Virginia Madsen"

"Great Teacher Onizuka 2012"

"Tanya-Jawab Mengenai Radang Usus Buntu (Apendisitis)"