Tumbuhkanlah Mental Positif

Saat hati gundah gulana, dan mulai pesimis dalam menghadapi hidup….Saya suka merenungkan hal-hal tersebut di bawah ini.



Berulang-ulang membacanya membuat saya menjadi kembali tegar. Bangkit lagi dan menjadi semangat lagi untuk menjalani hidup ini yang penuh liku-liku…Tumbuhkanlah sikap mental positif dalam hidup kita…Semoga hal-hal tersebut di bawah ini juga bermanfaat untuk Anda…



1. Belajarlah untuk melihat segala sesuatu dari sisi positif. Kita tidak mengingkari realita, tapi kita melihatnya dari sisi yang terbaik. Kegagalan memang menyakitkan tapi itu merupakan pelajaran yang sangat berharga. Sakit gigi memang tidak enak, tapi itu bisa menjadi awal yang baik untuk memulai memperhatikan kesehatan gigi. Teman kita yang satu itu memang menjengkelkan, tapi sebetulnya dia adalah guru yang melatih kita untuk lebih sabar dan lebih toleran.



2. Belajarlah mengucap syukur tidak saja dalam keadaan baik tapi juga dalam keadaan buruk. Orang-orang yang memiliki mental positif menyadari bahwa situasi seburuk apapun pasti ada hikmahnya. Hikmah tidak bisa dibeli dengan uang tapi harganya tak ternilai bagi kehidupan kita. Ucapan syukur akan membantu kita menemukan hikmah dibalik setiap situasi buruk yang kita hadapi.



3. Tanamkanlah keyakinan-keyakinan yang positif. Yakinkan diri Anda bahwa Tuhan sudah melengkapi kita dengan potensi untuk berhasil dalam hidup. Semua hambatan dan tantangan tidak harus menjadi alasan untuk menjadi pecundang, tapi batu loncatan untuk menjadi pemenang. Sebaiknya, buanglah keyakinan-keyakinan yang negatif, yang membuat Anda merasa tidak mampu, tidak berdaya, dan terbelenggu.



4. Bersikaplah positif terhadap kehidupan. Ibaratnya hidup ini seperti air yang jernih, dan ia akan berubah warna tergantung warna apa yang Anda tuangkan ke dalamnya. Hidup ini ringan kalau Anda menganggapnya tidak berat. Persoalan-persoalan kehidupan adalah bumbu kehidupan kalau Anda tidak menganggapnya sebagai racun yang merusak dan melumpuhkan. Hidup ini bisa tampak indah kalau mata Anda tidak fokus pada awan yang kelabu.



5. Jadikanlah sikap mental positif sebagai bagian dari perjuangan Anda menuju keberhasilan. Tidak mudah membangun sikap mental positif, apalagi kalau selama ini Anda sudah membangun sikap mental negatif selama bertahun-tahun. Diperlukan kemauan yang keras, kesungguhan hati dan pengulangan terus menerus agar sedikit demi sedikit terbentuk sikap mental positif.



6. Bersikaplah realistis. Sikap mental positif memang tidak bisa mengubah keadaan, tapi bisa mengubah reaksi Anda terhadap keadaan yang buruk. Sikap mental positif tidak bisa mendatangkan sukses, tapi dapat mempermudah Anda menemukan kesempatan-kesempat an ke arah sukses. Sikap mental positif tidak akan mengubah hidup Anda secara drastis, tapi akan membuat perbedaan yang signifikan dalam setiap aspek hidup Anda.



Sumber: visi victory

Komentar

Postingan populer dari blog ini

"Virginia Madsen"

"Great Teacher Onizuka 2012"

"Tanya-Jawab Mengenai Radang Usus Buntu (Apendisitis)"